MASAPALA-MAHASISWA SANITASI PECINTA ALAM DAN LINGKUNGAN




MASAPALA adalah organisasi yang didirikan di kampus Akademi Pemilik Kesehatan (sekarang Jurusan
Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Tanjung karang), sebagai wadah bagi mahasiswa yang memiliki minat, bakat dan hobi terhadap olahraga alam bebas dan petualangan. Selain itu, Masapala dibentuk sebagai wadah untuk mengaplikasikan keahlian dan keilmuan kesehatan lingkungan dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Harapannya, Masapala dapat digunakan sebagai wadah untuk melatih diri sebelum terjun kemasyarakat (pusat latihan bagi mahasiswa).
Masapala didirikan pada tahun 1991. Teman-teman yang berdiri pada barisan pertama adalah : Prayudhy Yushananta (Poltekkes), Basuki Didik Setiawan ( Dinkes Lamsel), Yulianto (Dinkes Prov Lampung), Hisnanto (Puskes LU), Berta Zulyana (Dinkes Metro). Pada masa pend
Angkatan I berjumlah 9 orang, hasil seleksi dri lebih kurang 35 orang. Mereka adalah Ujang Edi Wijaya, Wahyu Ramadhan, Mauludin, Ramdhan Sulistyo, Ketut Warta Gama, Sri Mulyani, Yuniayana, Erna Gusnida, Mintarsih.
irian dan awal perkembangannya, tidak dapat dihilangkan jasa sahabat Ahmad Yonata (Alm), saat itu beliau menjabat sebagai Ketua Keluarga Mahasiswa (sekarang HMJ). Atas jasanya tersebut, beliau diangkat sebagai Anggota Luar Biasa pada tahun 1992.

Kurikulum pendidikan pada masa itu masih menerapkan Program 9 bulan, artinya masa pendidikan selama 9 bulan yang terdiri dari Materi Ruang dan Lapang (setiap hari minggu), Pra Latihan Dasar dan Latihan Dasar.
Materi Ruang dan Lapangan, adalah pemberian materi keahlian dan keterampilan olahraga alam bebas/petualangan serta pembentukan fisik. Materi yang diberikan antara lain navigasi darat, survival, teknik mendaki, rock climbing, sosial pedesaan, organisasi, dll.
Pra Latihan Dasar (Pra Landas), adalah kegiatan pengaplikasian materi pada kondisi riil di lapangan. Artinya, peserta akan melakuan praktek dibawah pengawasan instruktur. Selain itu, kegiatan Pra Landas dibutuhkan untuk menghindari kejenuhan mengikuti Materi Ruang Lapang.

Latihan Dasar (Landas), adalah kegiatan aplkasi mandiri dari seluruh materi keahlian yang telah diberikan pada tahapan sebelumnya. Mengingat Landas dianggap sebagai ujian masuk, maka pada kegiatan Landas juga disertai dengan pendoktrinan. Rasanya, landas gak usah di-share di sini (bukan konsumsi publik).

Singkatnya... Pengurus berharap dan yakin dalam wadah Jejaring Sosial yang dibuat sederhana dan banyaknya kekurangan ini, dengan atas kerjasama dan bergabungnya seluruh anggota Masapala akan menjadi sebuah wadah yang Tiada Tanding..
Pengurus mohon izin kepada seluruh anggota Masapala, Kakak Tingkat, Kawan se-angkatan, dan adek tingkat.Blog ini dibuat demi dan untuk Menyatukan, Mengenal, Berbagi Pengalaman, Pastinya untuk menjadikan Masapala kita yang sudah BAIK menjadi LEBIH BAIK. Diharapkan untuk bimbingan, Kritik, Saran dan Masukan untuk Kebaikan Blog ini. Dan semoga semua atas Restu & RidhoNya Blog ini berdiri sesuai dengan apa yang diharapkan. Amin.....



Komentar